Dampak Emosional Poker

3 Dampak Emosional Poker yang Perlu Kamu Ketahui – Part I

Ketahui Dampak Emosional yang Diakibatkan oleh Permainan Poker

Dampak Emosional Poker yang Perlu Kamu Ketahui – Part ITugas panjang di meja poker bisa menjadi pengejaran mendebarkan sekaligus bermanfaat.

Tapi layaknya aktivitas apapun juga jika kamu melakukannya untuk jangka waktu yang lama tanpa meninggalkannya sendirian, poker bisa datang bersamaan dengan biaya yang tersembunyi.

Biaya di sini bukanlah sesuatu yang materil seperti uang atau juga bankroll namun lebih ke dampak emosional yang kamu miliki dalam jangka waktu yang lama dan panjang.

Baca Juga: 3 Aturan Bermain Poker Dasar untuk Pemula

Apakah kamu telah mendaftar untuk jadwal turnamen poker penuh secara online selama empat belas hari berturut-turut atau bahkan kamu sudah bersiap menghadapi hari-hari terbesar di Live Feel of The Year di Las Vegas?

Oleh karenanya, yuk kenali dampak emosional yang dialami ketika bermain poker pada artikel ini.

3 Dampak Emosional Poker yang Perlu Kamu Ketahui – Part I

1. Dampak Persaingan

Dampak Emosional yang pertama adalah karena adanya dampak persaingan.

Kita semua menyukai dorongan dari permainan poker yang kompetitif, tetapi efek kumulatif dari tangan ke tangan untuk terus mencoba lebih baik dari lawanmu akan mengakibatkan pikiranmu mengalami penumpukan tekanan.

Baca Juga: 5 Cara Main Poker Online dengan Meningkatkan Skill Permainan Poker

Memang mencoba mengalahkan orang lain dalam hal apapun sangat menegangkan, namun ketegangan yang sangat besar mungkin hanya didapatkan dari permainan poker karena kamu mempertaruhkan apa yang kamu miliki secara materil.

Meskipun kamu mengetahui dengan sangat jelas kekuatanmu sendiri dan memahami kelemahan orang lain, namun sangat jarang orang mengidentifikasi kelemahan sendiri di area pikiran mereka.

Apa yang menyebabkan kita bertengkar? Apa yang membuat kita marah, kesal atau frustrasi di meja poker? Ini semua adalah emosi yang semakin membebani pikiran kita saat bermain.

Sangat penting untuk menyegarkan diri, bukan hanya secara fisik dengan mengambil istirahat, hari libur, atau waktu istirahat dari permainan, tetapi juga istirahat secara mental.

Bila kamu ingin memiliki keseimbangan emosional maka kamu perlu membiarkan dirimu untuk rileks sepenuhnya, untuk melupakan setiap tangan, dan bersenang-senang dalam periode yang bebas dari analisis apapun yang biasa kamu hadapi pada permainan poker.


2. Kemiringan (Tilt)

Dampak emosional poker yang kedua adalah tilt. Kemiringan atau tilt merupakan pola pikir negatif yang kamu jalani ketika kehilangan tangan, kehilangan nilai, melakukan gertak sambal, atau segudang alasan tangan-ke-tangan lainnya. Kamu membutuhkan kepala yang dingin.

Baca Juga: Perbedaan Cash Game Poker dan Tournament Poker

Poker mungkin merupakan permainan kartu terbesar di dunia dan yang paling menyenangkan yang bisa kamu miliki di luar kasurmu! Di sisi lain, poker dapat membuatmu frustasi.

Pemain poker yang berdasarkan catatan keberhasilan mereka, sangat logis, unggul secara matematis dan dibenarkan untuk menang. Akan tetapi, berdasarkan sifatnya, mereka rapuh secara emosional dan seringkali memberontak terhadap konformitas.


3. Kelola Egomu

Dampak emosional poker yang ketiga dalam daftar ini menyoal ego pribadi. Inilah kabar baru dimana ego setiap orang mungkin perlu dibela sesekali, tetapi kita mungkin belum pernah hidup di dunia yang begitu suram ketika datang ke dunia poker.

Artikel, podcast, statistik, analisis, peringkat, wawancara, video, dan kiat ada di mana-mana, dan jika kamu membaca materi aspirasi yang cukup maka siapapun dapat melakukan kesalahan dan kalah dalam dunia poker.

Terkadang kamu kalah karena kamu memang melakukan kesalahan. Terkadang kamu adalah pemain terburuk dan harus menanggung biaya baik itu secara materil maupun emosional.

Baca Juga: 4 Putaran dalam Permainan Poker yang Perlu Kamu Ketahui

Mempertahankan kepercayaan adalah kunci dalam poker, tetapi juga kerendahan hati, karena ada garis tipis antara kepercayaan dan kesombongan seperti ada bayangan nyamuk antara sengatan rasa sakit dan penderitaan karena kekalahan.

Poker masih merupakan permainan yang panjang dan tidak ada kemenangan atau kekalahan yang menjadi hasil akhir. Menjaga kepala tetap dingin, menyeimbangkan emosimu, menerima bahwa kamu tidak selalu menang ketika bermain poker, akan membantumu untuk terhindar dari kerapuhan secara emosional.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berinvestasi di sisi mental sebagai pemain poker karena bila kamu secara konsisten memiliki mental yang sehat bahkan ketika kamu telah mencapai kesuksesan dalam permainan poker maka itu berarti kamu adalah orang yang berkualitas di dalam dan di luar dirimu.

Dengan mengetahui dampak emosional poker, kamu bisa melatih ego dan emosionalmu saat bermain poker online.

Nah sekarang, latih emosimu saat bermain poker online dengan mempraktikkannya langsung dengan main poker online di Emporium Poker. Daftar sekarang dan dapatkan chip poker online gratis!

Dapatkan Chip Poker Gratis